Jumat, 01 Juli 2011

Profil Tempat Kunjungan Study Tour 2011-episode 2

BALI

1.     Tanah Lot
Tanah Lot-Bali
   Tanah Lot merupakan lokasi pertama yang biasa dikunjungi wisatawan saat memasuki pulau Bali. Jika kita memasuki pulau Bali pada siang hari, maka kita diperkirakan akan dapat melihat sunset yang indah di Tanah Lot ini. Pada saat memasuki area wisata Tanah Lot ini, kita langsung berhadapan dengan jejeran toko-toko yang menjual berbagai macam pernak-pernik khas Bali. Barang yang dijual beraneka ragam, dari pakaian, topi, kacamata, sandal, dll. Biasanya ada beberapa pengunjung yang membeli topi serta kain Bali disini yang akan dipakai selama berada di Pulau Bali. Namun, kita harus pintar menawar dan harga barang-barang yang dijual disini memang agak lebih mahal. 


2. Pantai Kuta 
Kuta Beach Sunset
   Pantai ini adalah pantai yang wajib dikunjungi para wisatawan. Pantai yang ramai dengan ombak yang bagus untuk berselancar. Pantai ini banyak dikunjungi wisatawan mancanegara. Umumnya mereka berenang, surfing, berjemur dan berarian di sepanjang pantai. Garis pantai yang panjang serta ombak yang sangat indah membuat orang ramai berkunjung kesini. Tempat ini sangat terkenal dengan sunset nya. Bila cuaca tidak sedang mendung, maka pemandangan matahari terbenam dapat menghiasi pantai ini dan anda bisa mendokumentasikannya sebagai kenang-kenangan indah dari pulau Bali.
    

Jalan menuju Kuta
   Pada saat turun dari mobil kecil setelah dari Joger, deretan bar dan cafe sepanjang jalan menuju pantai akan membuat kita merasa asing disana. Di sepanjang jalan menuju pantai Kuta akan terdapat deretan bar, resto, hotel, cafe, distro terkenal dan juga toko-toko yang menjual pakaian, lukisan dan barang seni. Namun, harga yang ditawarkan disini bisa selangit mahalnya karena target penjual disini adalah wisatawan asing. Disarankan hanya untuk melihat-lihat saja barang-barang seni yang dijual disini. Setelah berada di pantai, kita bisa menemukan beberapa pembuat tatto berbagai bentuk di pinggir pantai. Harganya bisa berkisar 15.000 - 50.000. Tergantung pandai menawar juga.  


3. Pantai Sanur

Sanur beach
   Pantai Sanur adalah sebuah tempat pelancongan pariwisata yang terkenal di pulau Bali. Tempat ini letaknya persis di sebelah timur kota Denpasar Bali. Kebalikan dari pantai Kuta, Sanur sangat indah pada saat matahari terbit. Apalagi sekarang sudah dibangun sanderan serta pondok-pondok kecil yang bisa dijadikan tempat duduk-duduk menunggu matahari terbit. Selain itu, ombak di pantai ini relatif tenang sehingga sangat cocok untuk ajang rekreasi pantai anak-anak dan tidak berbahaya. Selain itu, sudah dibuat jalan untuk pejalan kaki yang bisa digunakan sebagai jogging track untuk berolahraga di sore hari sambil menikmati pemandangan pantai yang terbentang dari Pantai Shindu, Karang dan Semawang.
Sanur water sport
  Pantai Sanur adalah lokasi utama untuk berselancar (surfing). Terutama ombak pantai Sanur yang termasyur. Tak jauh dari lepas pantai Sanur terdapat juga lokasi wisata selam dan snorkeling. Oleh karena kondisinya yang tidak begitu ekstrim, lokasi selam ini dapat digunakan oleh para penyelam dari semua tingkat keahlian.
   Selain itu, pengunjung bisa melihat matahari terbit dengan berenang di pantai. Sebagian kawasan pantai ini mempunyai pasir berwarna putih yang eksotis. Dilengkapi dengan pohon pelindung, pengunjung bisa duduk-duduk sambil menikmati jagung bakar ataupun lumpia yang banyak dijajakan pedagang kaki lima.


4. Joger dan Teman Joger

Joger
  Joger terkenal sebagai pabrik  kata-kata. Bila di Jogja ada dagadu, maka di Bali, Joger adalah masternya. Joger merupakan sebuah toko yang terletak di Jl Raya Kuta, letaknya sekitar 25-30 menit dari sentra parkir (jika anda menggunakan bus besar, maka anda akan dialihkan naik mobil kecil dari sentra parkir). Berbagai aksesoris dengan kata-kata yang nyeleneh bisa kita lihat disini. Kata-kata yang dibuat di kaos dan benda lainnya dapat membuat kita tersenyum saat memasuki tempat ini. Barang-barang disini amat cocok dijadikan oleh2 sebagai khas bali. Harga yang ditawarkan relatif terjangkau. Namun biasanya kaos-kaos Joger dipatok dari harga 50ribu an. selain kaos, juga dijual benda lain seperti pin, gantungan kunci, tas, dompet, gelang, dll.  Untuk menjaga ke-orisinalannya kita tidak boleh menggambil gambar di dalam Joger. Tetapi saya tidak tahu juga kenapa foto ini bisa ada. Namun, kita hanya dibatasi sampel 12 benda yang boleh kita beli. 
Inside Joger
   Saat memasuki ruangan Joger, anda akan ditempeli stiker bertuliskan "VIP" yang punya makna tersendiri. Toko ini sangat ramai jadi bersiap-siaplah sabar dalam menunggu antrian yang panjang. Disarankan sebelum ke Joger, cairkan lah dahulu uang yang anda punya. Hahaha
Teman Joger
   


   Teman Joger merupakan cabang dari Joger yang berada di Ubud. Tempatnya sangat luas dengan areal parkir yang masih saja tidak muat sehingga bus-bus besar masih ada juga yang parkir di pinggir jalan Teman Joger. Teman Joger terdiri dari dua lantai. Di lantai dua banyak ragam sendal dan sepatu Joger. Sedangkan di lantai bawah, pernak-pernik dan tas. Kaos Joger yang ada disini lebih sedikit dibanding yang ada di Joger.

5. Tanjung Benoa

Tanjung Benoa Water Sport
   Perjalanan menuju Tanjung Benoa cukup jauh dari Denpasar dan berkelok-kelok. Keadaan di Tanjung Benoa sangat sangat sangat sangat panas sekali. Beberapa informasi yang saya dapatkan mengatakan bahwa sebaiknya berada disini sebelum jam 12 siang karena badan bisa mutung. (Jangan lupa membawa sun block/sun care/handbody lotion dengan SPF 14-16 setiap berada di kawasan pantai, kecuali jika anda memang ingin merubah penampilan anda menjadi sedikit negro... hhaaha).
Benoa
   Tanjung Benoa merupakan tempat yang terkenal dengan olahraga airnya. Ada beberapa agen penyewa alat olahraga air yang biasanya sudah memiliki koneksi dengan tourguide kita. Harga yang ditawarkan cukup merogeh kantong anda. Berikut ini beberapa harga yang saya dapatkan dari beberapa web.. 




- Parasailing : Rp 55.000/orang
- Banana Boat : Rp 50.000/orang (min. 2 org)
- Flying Fish : Rp 120.000/orang (min. 2 org)
- Water skiing : Rp 110.000/orang (15 menit)
- Snorkeling : Rp 90.000/orang (min. 2 org)
- Diving : Rp 235.000/orang
- Glass Bottom boat : Rp 250.000/boat (max 10 org)
- Dolphin Tour : Rp 500.000/orang/4 jam

Glass Bottom Boat
   Bila kita menyewa Glass bottom boat menuju pulau Penyu, maka kita dapat melihat penangkaran hewan-hewan seperti penyu, ular, biawak, dll. Kita bisa mengambil foto bersama hewan-hewan tersebut didampingi oleh pawangnya sehingga lebih aman.. (Hah.. Pawang???) Di dekat pintu masuk juga ada alat musik khas bali yang terbuat dari bambu yang bisa kita mainkan sebentar. Di tengah perjalanan menuju pulau penyu, kita akan diajak memberikan roti tawar ke ikan-ikan kecil sehingga mereka akan terlihat bergerombol warna-warni bersamaan. 


6. Pura Uluwatu
Pura Luhur Uluwatu
   Pura ini berada di atas batu karang yang menjorok ke laut. Batu karang ini berhadpaan langsung dengan samudera sehingga kita yang berada di atas karang pun bisa merasakan kuatnya angin serta suara ombak yang pecah dengan kuatnya yang berasal dari samudera (ciiaaa...). Namun tidak kalah dengan suara ombak yang berhempas ke karang, pemandangan disini pun ruarrr biasa. Monyet-monyet yang tinggal disini pun luar biasa walau bisa dibilang lumayan baik...
Selendang yang dipakai di uluwatu
  Sebelum memasuki kawasan ini, tiap pengunjung diminta untuk mengenakan selendang (dan ditambah kain bagi yang menggunakan celana pendek) sebagai penghormatan kepada leluhur yang berada di lokasi tersebut. 
   Pura ini dikelilingi oleh hutan makanya banyak monyet yang hidup disini. Dikatakan bahwa monyet tersebut merupakan pengikut setia pendeta suci yang ditugaskan untuk menjaga uluwatu. Jangan tampil terlalu mencolok di daerah ini. Karena monyet disini bisa tertarik dengan barang kecil yang anda bawa. Misalnya, dompet, kacamata, kamera, dsb. Anda bisa memberi makan monyet tersebut dengan membeli kacang-kacangan sebelum memasuki kawasan ini.

7. Bedugul
Pemandangan menuju Bedugul
  Danau bedugul merupakan danau yang sangat indah yang berada di tengah pegunungan dengan ketinggian 1.404 m di atas permukaan laut. Walaupun perjalanan yang ditempuh cukup jauh dari Denpasar, namun pemandangan yang kita dapatkan selama perjalanan menuju Bdeugul amat indah. Panorama pegunungan hijau menghiasi kanan-kiri jalan.  Setelah melewati jalan yang berkelok-kelok, kita dapat menghirup udara segar pegunungan di Bedugul.
   Ada dua pilihan, yaitu turun di dermaga (yang biasa dilakukan oleh turis lokal) atau langsung ke kawasan pura Ulundanu yang letaknya di pinggir Danau Bedugul.
Pura Ulundanu - Bedugul
   Bila kita turun di dermaga, kita bisa menyewa speedboat untuk mengelilingi Danau Bedugul. Penyewa speedboat biasanya menawarkan beroto dengan latar pura Ulundanu ataupun singgah sebentar ke pula Ulundanu dengan biaya tambahan jika anda mau. Pura Ulundanu ini mungkin terdengar asing, namun jika kita melihatnya, maka kita akan merasa pernah melihatnya karena pura ini pernah dijadikan tempat pengambilan iklan suatu merk barang.

8. Garuda Wisnu Kencana
Garuda Wisnu Kencana sign
  Garuda Wisnu Kencana adalah salah satu objek yang ada di Bali. Garuda Wisnu Kencana terletak di Bukit Kecada. Objek wisata ini menjadi tempat penampilan budaya yang ada di Indonesia dan konseptornya adalah Bapak Nyoman Warte. Objek wisata Garuda Wisnu Kencana sangat bagus. Udaranya sejuk dan sangat menarik untuk kita kunjungi saat berada di Bali. 
   Di samping Garuda Wisnu Kencana akan dibangun Hotel Internasional. Terakhir kesana, baru dibangun pondasinya. Selain itu juga akan dibangun lapangan Golf Internasional. 
   Pada objek wisata Garuda Wisnu Kencana ini terdapat dua patung yang sangat besar dan bagus sekali, yaitu :
Patung Dewa Wisnu
1. Patung Dewa Wisnu, patung ini berwarna agak kebiru-biruan dan terbuat dari perunggu dan emas yang dicampur dan kemudian dibuat lempengan-lempengan. Terakhir kesana pembuatan patung itu belum selesai. Baru kepala dan setengah badan.
2. Patung Garuda, patung ini berwarna hitam dan juga terbuat dari perungu dan emas yang dicampur. Patung ini terletak diatas padang rumout yang luas.
  Nanti setelah semuanya selesai, kedua patung ini akan digabungkan dan menjadi patung terbesar di dunia. Patung ini rencananya akan menyaingi patung selamat datang di Amerika, Liberty. Patung ini akan melambangkan pulau Bali.
Menuju Patung - GWK
Kita harus berjalan kira-kira 1 km menuju pantung ini dari depan. Tetapi suasana yang "Bali banget" tidak membuat kita bosan. Beruntung jika kita sempat menonton sejenis pagelaran tari "LIVE" disana. Setelah tari Barong itu selesai, kita bisa berfoto dengan para pemain serta mbak2 yang pake baju adat bali itu sebagai kenang-kenangan. Walaupun secara tak langsung dibilangin, tetapi kita disarankan memberi uang seikhlasnya atas penampilan serta foto foto bersama itu di dalam piring yang ada isinya bunga-bunga yang dibawa oleh mbak2 yang pake baju adat tadi...


9. Pasar Seni Sukowati
Pasar Seni Sukowati
  Terletak di daerah Gianyar, sekitar 1 jam dari Denpasar. terdapat Sukawati 1 dan sukawati 2 (sekitar 5 km dari sukawati 1). Berdasarkan info, Sukawati 1 harganya lebih murah walaupun barang-barangnya sama. Namun ingat, jangan sungkan untuk menawar kalau belanja disini. Tawar sekitar 1/3 harga yang diberikan oleh penjual. 
Sukowati
  Bali sama seperti di tempat lainnya, mereka mengharapkan penglaris untuk membawa keberuntungan untuk dagangan mereka. Penglaris adalah pembeli pertama, jadi kalau anda pembeli pertama, anda sedikit bisa menekan harga dibawah harga pasaran, karena mereka pantang untuk tidak terjadi transaksi pada pembeli pertama. Tapi menawarnya tetap dengan perasaan ya, tega, tapi jangan terlalu kejam.
10. Tempat Oleh-oleh Khas
  Selain Sukawati dan Joger, ada lagi toko oleh-oleh khas yang bisa dikunjungi di Bali. Beberapa diantaranya memudahkan kita untuk berbelanja karena sudah ada harganya. Harga barang disini bisa dijamin murah dan terjangkau serta tidak jauh berbeda dengan harga di Sukowati. Beberapa toko yang disarankan adalah Kampung Kertalangu dan Karang Kurnia. Tapi setelah saya mencari-cari di internet, ada beberapa yang bilang kalau Karang Kurnia itu sudah yang paling murah. Tapi memang benar, waktu saya kesana, harga kaos barong nya lebih murah dari yang saya tawar (hahaha.. payah...). Namun sendal bali nya disini lebih mahal sedikit dari yang ditawar teman saya di Sukowati... Penulis menyarankan, kalau tidak terlalu pandai atau tidak terlalu tega menawar, beli saja disini. Kecuali pernak-pernik seperti gelang, cincin khas Bali, bisa dibeli saja di Sukaowati. Cincin dari kayu bisa didapatkan 5 pcs Rp 10.000. Gelangnya bisa 3 pcs Rp 15.000


Untuk sementara, info segini dulu ya.., nanti disambung lagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Leave a comment if you have a question...^^